10 Nama-nama Malaikat yang Wajib Diketahui

Feb 2, 2024

Malaikat merupakan makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah Swt. di alam semesta ini. Dalam agama Islam, malaikat memiliki peran penting dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh Allah. Di bawah ini adalah 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui bagi umat Islam:

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu dari Allah kepada para rasulNya. Dia juga dikenal sebagai malaikat yang bertanggung jawab atas mengatur segala urusan langit.

Malaikat Mikail

Malaikat Mikail memiliki tugas untuk mengatur urusan rezeki dan hujan. Dia dianggap sebagai malaikat yang bertanggung jawab atas kesejahteraan makhluk hidup di dunia.

Malaikat Israfil

Malaikat Israfil adalah malaikat yang memiliki tugas meniupkan sangkakala sebagai tanda kiamat. Dia akan meniup sangkakala dua kali, pertama untuk mematikan semua makhluk hidup dan kedua untuk membangkitkan seluruh makhluk kembali.

Malaikat Izrail

Malaikat Izrail adalah malaikat pencabut nyawa. Dia bertugas untuk menjemput nyawa setiap makhluk hidup di saat ajal menjelang. Izrail akan menjalankan tugasnya dengan penuh ketundukan pada perintah Allah.

Malaikat Raqib dan Atid

Malaikat Raqib dan Atid adalah dua malaikat pengawas yang selalu mencatat segala amal perbuatan manusia. Raqib bertugas mencatat amal baik, sedangkan Atid mencatat amal buruk. Mereka akan menjadi saksi di hari kiamat nanti.

Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir adalah dua malaikat yang bertugas menginterogasi manusia di dalam kubur setelah kematian. Mereka akan bertanya tentang keyakinan seseorang terhadap Allah dan agama Islam serta amal perbuatannya selama hidup di dunia.

Malaikat Ridwan dan Malik

Malaikat Ridwan adalah penjaga pintu surga, sedangkan Malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka. Mereka memiliki tugas menjaga dan mengatur siapa yang layak masuk surga dan siapa yang harus masuk neraka berdasarkan amal perbuatannya di dunia.

Demikianlah informasi mengenai 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui dalam agama Islam. Semoga pengetahuan ini dapat memperkuat iman dan ketakwaan kita kepada Allah Swt.